UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA POKOK BAHASAN FUNGSI LINEARDI KELAS XI SMK SWSTA DWI GUNA TAHUN PEMBELAJRAN 2015/2016
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Belajar Matematika Siswa Melalui Model Teams Games Tournament (TGT) pada Pokok Bahasan Fungsi Linier dengan menggunakan model Teams Games Tournament (TGT). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK).Subjek penlitian adalah siswa kelas XI SMK Swasta Dwi Guna Tahun Pelajaran 2012/2013 dengan jumlah siswa sebanyak 40 orang.Subjek penelitian dengan teknik pengumpulan data adalah dengan menggunakan observasi dan tes kemampuan pemecahan masalah. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa persentase perolehan nilai siswa pada siklus awal hasil dari 40 orang siswa 15 orang siswa dinyatakan tuntas atau 37,5%, dan yang belum tuntas sebanyak 25 orang siswa atau 62,5% dengan rata-rata 61,25. Hasil penelitian pada siklus 1 rata-rata kelas siswa meningkat menjadi 73,75 dimana 21 siswa (52,5%) memperoleh ketuntasan, 19 siswa (47,5%) yang belum tuntas. Pada siklus 2 rata-rata kelas siswa meningkat 86,75 dimana 35 siswa (87,5%) memperoleh ketuntasan, 5 siswa (12,5%) yang belum tuntas. Dari hasil ketuntasan belajar siswa pada tiap siklus tersebut diketahui bahwa hanya pada siklus 2 saja dapat dinyatakan bahwa