Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematika Siswa Melalui Pendekatan Open Ended di Kelas XI SMA Negeri 1 Silangkitang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan kemampuan penalaran matematika siswa memalui pendekatan Open-Ended di kelas XI SMA Negeri 1 Silangkitang Tahun Pembelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Silangkitang yang terdiri dari 5 kelas. Sampel penelitian di ambil 2 kelas yang ditentukan dengan teknik Random Sampling, yaitu kelas XI-IPA-2 dengan menggunakan pendekatan Open-Ended dan kelas XI-IPA-1 dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan penalaran matematika siswa dalam bentuk essay. Data rata-rata pre-test kelas eksperimen dan kontrol sebesar 37.17 dan 35,87. Setelah diberikan perlakuan pada masing-masing kelas diperoleh data rata-rata post-test pada kelas Eksperimen sebesar 61.60 dengan dan pada kelas kontrol sebesar 54,93 . Pada hasil pengujian N-Gain nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 24,43 dan pada kelas kontrol sebesar 19,07 dengan selisih rata-rata N-Gain kelas eksperimen dan kelas kontrol sebesar 5,36. Pada hasil pengujian hipotesis nilai rata-rata N-Gain diperoleh pada taraf signifikan α = 0,05 dan dk=58 nilai signifikan 0.016<0,005. Dengan demikian berarti Ha diterima yang berarti terdapat peningkatan kemampuan penalaran matematika siswa melalui pendekatan Open-Ended Di Kelas XI SMA Negeri 1 Silangkitang Tahun Pembelajaran 2017/2018.Kata Kunci: Pendekatan Open-Ended, Model Pembelajaran Konvensional, Kemampuan Penalaran Matematika.