UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CIRC (COOPERATIPE INTREGATED READING AND COMPOCOTION) DI KELAS VIII MTS SWASTA AL- JAMI

Abstract

Permasalahan yang terjadi di MTs Swasta Al- Jami’yatul Washliyah Aek Nabara adalah rendahnya hasil belajar matematika siswa yang dikarenakan kurang bervariasinya metode pembelajaran yang diberikan oleh guru kepada siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya meningkatkan hasil belajar matematika siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe CIRC (Cooperatipe Intregated Reading And Compocotion) di kelas VIII MTs Swasta Al- Jami’yatul Washliyah Aek Nabara. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dilakukan masing- masing siklus terdiri atas perencanaan sebanyak dua siklus, pelaksanaan tindakan, observasai dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Swasta Al- Jami’yatul Washliyah Aek Nabara yang berjumlah 30 orang. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Tes hasil belajar yang digunakan dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal. Melalui model pembelajaran kooperatif tipe CIRC (Cooperatipe Intregated Reading And Compocotion) pada materi sistem persamaan linear dua variabel kelas VIII MTs Swasta Al- Jami’yatul Washliyah Aek Nabara, dapat meningkatkan dan memajukan hasil belajar siswa > 60%. Atau dapat dilihat hasil belajar siswa pada sikus I 59% dan terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada siklus II yaitu 72 %. Guru diharapkan melakukan kegiatan pengajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC (Cooperatipe Intregated Reading And Compocotion) dalam kegiatan pembelajaran karena dapat meningkatkan hasil belajar siswa atau pelajaran lainnya.