PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN OPEN-ENDED TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL DI KELAS X SMA N 1 SILANGKITANG

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan perbedaan melalui pengaruh model pembelajaran Open-ended terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel di kelas X SMA N 1 Silangkitang tahun pembelajaran 2014/2015. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas X SMA N 1 Silangkitang. Sampel dalam penelitian ini terdiri atas dua kelas dimana satu kelas diberikan pengaruh model pembelajaran dan satu kelas lagi tidak diberikan pengaruh model pembelajaran. Sebagai alat pengumpulan data digunakan instrument tes yang sebelumnya sudah diuji untuk mengetahui validitas dan reliabilitas. Berdasarkan analisis data tes, rata-rata skor siswa pada pretes kelas eksperimen adalah 46,88 dan standart deviasi 7,042, untuk rata-rata skor siswa pada postes kelas eksperimen adalah 77,94 dan standart deviasi 5,593. Untuk rata-rata skor siswa pada pretes kelas kontrol adalah 47,34 dan standart deviasi 7,404, untuk rata-rata skor siswa pada postes kelas kontrol adalah 73,97 dan standart deviasi 7,258. Perbedaan ini berarti membuktikan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Open-ended terhadap hasil belajar siswa. Hasil uji normalitas dengan tingkat kepercayaan 95% diperoleh bahwa sampel kelas eksperimen x2 hitung= 0,021 dan kelas kontrol x2 hitung= 0,084 berdistribusi normal karena x2 hitung< x2 tabel.. Uji Homogenitas diperoleh Fhitung= 0,270, dengan mengambil taraf signifikan 5% diperolehFtabel = 1,62 (Fhitung< Ftabel). Hasil yang diperoleh dariuji-t postes kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu thitung = 2,450 dibandingkan dengan ttabel yang memiliki derajat kebebasan dk = n1 + n2