PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA YANG DIAJAR MELALUI MODEL KOOPERATIF NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DENGAN KONVENSIONAL PADA POKOK BAHASAN LINGKARAN DI KELAS VIII MTS ASH-SHOBRYAH TITI ALOBAN BILAH HULU
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar melalui model konvensional pada pokok bahasan lingkaran di kelas VIII MTs Ash-Shobriyah Titi Aloban Kecamatan Bila Hulu Kabupaten Labuhanbatu. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Ash-Shobriyah Titi Aloban Kecamatan Bila Hulu. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas VIII MTs Ash-Sobriyah Titi Aloban Kecamatan Bila Hulu yang berjumlah 80 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah dua kelas yang ditentukan dengan cara sampel populasi dari total yaitu kelas VIII-b. yang berjumlah 40 siswa dangan metode konvensional. Jenis penelitian ini adalah eksperimen. Perbedaan hasil belajar siswa yang diberikan model pembelajaran Numbered Head Together dengan pembelajaran konvensional terlihat dari thitung