PENGARUH PENERAPAN OPEN-ENDED TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA DI SMA NEGERI 2 PANGKATAN

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh kemampuan komunikasi matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran Open-Ended di SMA Negeri 2 Pangkatan Tahun Pembelajaran 2015/2016. Desain penelitian ini penerapan model pembelajaran Open-Ended pada kelas eksperimen dan penerapan model pembelajaran konvensional pada kelas kontrol, kemudian dilakukan tes terhadap kedua sampel dengan tes yang sama. Tes berbentuk uraian sebanyak sepuluh soal. Instrumen pengumpulan data yaitu dengan mengadakan tes kepada siswa pada kelas eksperimen dan kontrol. Pre tes dilakukan untuk mengetahui kemampuan awal siswa dan post tes dilakukan untuk mengukur kemampuan komunikasi matematika siswa. Dari perhitungan data pre tes siswa diperoleh pada df = 38 dan taraf nyata α = 5% dan diperoleh ttabel = 2,750 dan thitung = 4,025. Karena thitung > ttabel (4,025 > 2,750) maka kemampuan awal siswa sama. Sedangakan berdasarkan perhitungan post tes siswa diperoleh pada df = 38 dan taraf nyata α = 5%, dan diperoleh thitung =5,436 dan ttabel = 2,750. Karena thitung > ttabel (5,436 > 2,750) maka H 0 ditolak H a diterima. Maka dapat disimpulkan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa yang diajar dengan Model Pembelajaran Open-Ended lebih baik daripada Kemapuan Komunikasi Matematika Siswa yang diajar dengan Pembelajaran Konvensional Di SMA Negeri 2 Pangkatan Tahun Pembelajaran 2015/2016. Untuk membuat kelas menjadi aktif, itu tergantunng pada bagaimana guru tersebut membawakan suasana belajar menjadi menyenangkan dan membuat siswa menjadi lebih aktif lagi sehingga pada akhirnya siswa berani bersuara untuk memberikan pendapatnya