PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA

Abstract

Penelitian ini bertitik tolak dari rendahnya kemandirian dan aktivitas belajar matematika siswa yang disebabkan oleh cara mengajar guru yang masih mengajar secara konvensional dan guru belum memberikan kesempatan yang banyak bagi siswa untuk menciptakan dan memecahkan masalah dalam bidang matematika yang dapat memicu kemandirian belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemandirian belajar matematika siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) pada siswa kelas VII MTs Al-Jami`yatul Washliyah Aek Nabara. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan di sekolah Al-Jami`yatul Washliyah Aek Nabara dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VII yang berjumlah 16 orang. Sedangkan objek penelitian ini adalah Realistic Mathematics Education (RME) untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa. Data penelitian diperoleh dari scenario pembelajaran, lembar observasi kemandirian belajar, angket kemandirian belajar siswa, dan tes kemampuan pemecahan masalah. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus dan tes diberikan setiap akhir siklus. Hasil analisis data pada siklus II diperoleh hasil : (1) Kemandirian belajar siswa telah memenuhi persentase yang ditetapkan yaitu > 70%, (2) Nilai tes kemampuan pemecahan masalah sebesar 85% dari jumlah siswa yang mengikuti tes telah berhasil, (3) Hasil observasi kemandirian belajar berada pada kategori tinggi dengan rata-rata 81,09%. Berdasarkan hasil pada siklus II dapat disimpulkan bahwa pendekatan pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) dapat meningkatkan kemandirian belajar siswa. Peningkatan tersebut terjadi dengan berbagai revisi-revisi tindakan berdasarkan hasil refleksi terhadap proses dan hasil pembelajaran.