UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN HASIL PEMBELAJARAN SISWA DI KELAS VII MTS NUR-IBRAHIMY MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Discovery Learning di kelas VIIMTs Nur-Ibrahimy serta mengetahui peningkatan pemahaman belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning di kelas VII MTs Nur-Ibrahimy. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalahpenelitian tindakan kelas dengan metode analisis data yaitu menggunakan rumus korelasi product momen dengan angka kasar. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Siklus I perlakuan model pembelajaran membahastentang materi menghitung besar sudut dalam segitiga dan instrumen yang dipakai adalah tes soal mengidentivfikasi jenis-jenis segitiga berdasarkan sisi dan sudutnya serta mengobservasi pemahaman siswa. Siklus II sama dengan siklus I yaitu memberi perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning. Dari hasil penelitian diperoleh peningkatan hasil belajar, dengan persentase ketuntasan secara klasikal pada siklus I jika diamati dari hasil tes individu sebesar 72,72%. Sedangkan persentase ketuntasan secara klasikal pada siklus II jika ditinjau dari hasil tes individu sebesar 93,18%. Dan diperoleh juga peningkatan pemahaman belajar kategori baik dan pada siklus II mencapai 86,56% dalam kategori penilaian sangat baik. Dengan demikian hasil pemahaman siswa dengan model pembelajaran Discovery Learning pada siklus II meningkat dengan sangat memuaskan dan telah berhasil mencapai indikator keberhasilan.