PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL RECIPROCAL TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA DI KELAS VII SMP NEGERI 3 RANTAU UTARA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh kemampuan komunikasi matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran Reciprocal Teaching di SMP Negeri 3 Rantau Utara. Desain penelitian ini penerapan model pembelajaran Reciprocal Teaching pada kelas eksperimen dan penerapan model pembelajaran konvensional pada kelas kontrol, kemudian dilakukan tes terhadap kedua sampel dengan tes yang sama. Tes berbentuk uraian sebanyak sepuluh soal. Instrumen pengumpulan data yaitu dengan mengadakan tes kepada siswa pada kelas eksperimen dan kontrol. Pre tes dilakukan untuk mengetahui kemampuan awal siswa dan post tes dilakukan untuk mengukur kemampuan komunikasi matematika siswa. Dari perhitungan data pre tes siswa diperoleh pada df = 30 dan taraf nyata α = 5% dan diperoleh tabel t = 1,697 dan hitung t = 4,780. Karena hitung t > tabel t (4,780 > 1,697) maka kemampuan awal siswa sama. Sedangkan berdasarkan perhitungan post tes siswa diperoleh pada df = 30 dan taraf nyata α = 5%, dan diperoleh hitung t =2,871 dan tabel t = 1,697. Karena hitung t > tabel t (2,871 > 1,697) maka H 0 ditolak H a diterima. Maka dapat disimpulkan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa yang diajar dengan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching lebih baik daripada Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa yang diajar dengan Pembelajaran Konvensional Di SMP Negeri 3 Rantau Utara.