PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL DI KELAS VIII MTS AL-WASLIYAH SUMBER MULYO TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan perbedaan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Kontekstual dan Konvensional pada mata pelajaran Matematika di kelas VIII MTs Al-Wasliyah Sumber Mulyo. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain pretest-postest group kontrol. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Al-Wasliyah Sumber Mulyo yang terdaftar pada tahun ajaran 2015/2016 yang terdiri dari kelas VIII 1, VIII 2 dan VIII 3. Dari ketiga kelas ini dipilih secara acak, kelas VIII 1 terdiri dari 24 orang siswa sebagai kelas eksperimen, dan kelas VIII 2 terdiri dari 24 orang siswa sebagai kelas kontrol. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji perbedaan dua rata-rata (t-test). Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran kontekstual memiliki nilai ratarata (81) yang lebih tinggi jika dibandingkan kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran konvensional (71,17). Sedangkan dari perhitungan t-test diperoleh t hitung besar dari pada t tabel. Dengan demikian hipotesis yang dikemukakan dapat diterima pada taraf kepercayaan 95%. Sehingga hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa dengan metode pembelajaran kontekstual dan Konvensional dalam mata pelajaran matematika.