PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATIMATIKA SIAWA MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TIPE VAK ( VISUAL AUDITORY KINESTETIK ) DENGAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ATI ( APTITUDE TREADMENT INTERAKTION) PADA POKOK BAHASAN BANGUN RUANG KUBUS DI KELAS VIII SMPN 1 RANTAU SELATAN

Abstract

Penelitian tentang Perbandingan Hasil Belajar Matimatika Siawa Menggunakan Pembelajaran Kontekstual Tipe Vak ( Visual Auditory Kinestetik ) Dengan Pembelajaran Kooperatif  Tipe Ati ( Aptitude Treadment Interaktion) Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Kubus Di Kelas Viii ( Delapan ) Smpn 1 Rantau Selatan T.A.2013/2014 Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui Perbandingan Hasil Belajar Matimatika Siawa Menggunakan Pembelajaran Kontekstual Tipe Vak ( Visual Auditory Kinestetik ) Dengan Pembelajaran Kooperatif  Tipe Ati ( Aptitude Treadment Interaktion) Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Kubus Di Kelas Viii ( Delapan ) Smpn 1 Rantau Selatan T.A.2013/2014. Jenis penelitian ini adalah metode eksperimen, dengan analisis data menggunakan uji t. Populasi penelitian adalah seluruh kelas VIII ( delapan ) SMPN 1 rantau selatan yang terdiri dari 8 kelas.pengambilan kelas VIII ( delapan ). Teknik pengumpulan data dikumpulkan dalam penelitian ini diperoleh dengan cara: Observasi, tes, dan dokumen. Instrumen penelitian ini menggunakan: RPP, LKS, Tes dan Lembar Observasi. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan data hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran dan tes. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran kontekstual tipe VAK  tidak lebih baik dari pada pembelajaran kooperatif tipe ATI.