PENGARUH METODE PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING)TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X PADA MATERIRUANG LINGKUP BIOLOGI DI MADRASAH ALIYAHSWASTA ISLAMIYAH SUBULUSSALAMSUMBEREJO T.P 2017/2018
Abstract
Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Metode Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X pada Materi Ruang Lingkup Biologi Di Madrasah Aliyah Swasta Islamiyah Subulussalam Sumberejo T.P 2017/2018. Metode penelitian ini bersifat kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA Madrasah Aliyah Swasta Islamiyah Subulussalam Sumberejo Tahun Pembelajaran 2017-2018 yang berjumlah total 67 siswa yang terbagi ke dalam 2 kelas paralel. Sampel dalam penelitian ini merupakan populasi penelitian. Desain penelitian ini adalah pretest-posttest control group design, yaitu: kelas pertama diajarkan dengan Metode Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) yang berjumlah 37 siswa, dan kelas kedua diajarkan dengan pembelajaran konvensional, yakni ceramah-tanya jawab jumlah 30 siswa. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar siswa berjumlah 36 soal pilihan berganda yang telah valid. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji t dengan melihat perbandingan hasil belajar siswa pada taraf signifikan α = 0,05. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa: Terdapat terdapat Pengaruh Metode Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X pada Materi Ruang Lingkup Biologi Di Madrasah Aliyah Swasta Islamiyah Subulussalam Sumberejo T.P 2017/2018, yaitu: hasil belajar siswa yang diajarkan dengan Metode Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa sebesar = 78,85 lebih baik dibanding dengan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan Pembelajaran Konvensional dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa sebesar = 71,08.