PENERAPAN ACCELERATED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA TOPIK ARITMATIKA SOSIAL DI KELAS VII MTs ISLAMIYAH GUNTING SAGA KECAMATAN KUALUHSELATAN KABUPATEN LABUHAN BATU UTARA

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk menelaah: (1) Untuk mengetahui aktivitas belajar siswa pada saat penerapan Accelerated Learning pada materi pokok Aritmatika Sosial di kelas VII MTs Islamiyah Gunting Saga Kecamatan Kualuh Selatan Kabupaten Labuhan Batu Utara, (2) Untuk mengetahui besarnya hasil belajar siswa setelah diterapkannya Accelerated Learing pada materi pokok Aritmatika Sosial di kelas VII MTs Islamiyah Gunting Saga Kecamatan Kualuh Selatan Kabupaten Labuhan Batu Utara. Model pembelajaran yang diterapkan dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Accelerated Learning yang diterapkan dalam penelitian ini, dengan subjek siswa kelas VII yang terdiri dari 25 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tidakan kelas (PTK). Hasil belajar siswa pada siklus I pada tes hasil belajar 1 diperoleh 11 orang siswa (44,0%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata yang diperoleh adalah 60,80. Pada tes hasil belajar 2 diperoleh 18 orang siswa (72,0%) yang sudah mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata yang diperoleh adalah 72,40. Sehingga pada siklus I (pertemuan 1 dan 2) terjadi peningkatan hasil belajar siswa sebesar 11,60 (28,0%). Pada siklus II, tes hasil belajar 3 diperoleh 20 orang siswa (80,0%) yang sudah mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata-