PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN REALISTIK MATHEMATICS EDUCATION ( RME ) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI DIMENSI TIGA

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) Mendeskripsikan keefektifan pembelajaran matematika realistik dalam mengajarkan topik dimensi tiga di kelas X SMA, (2) Membandingkan kemampuan berpikir kreatif siswa yang mengikuti pembelajaran matematika realistik dengan kemampuan berpikir kreatif siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Tempat penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Kualuh Selatan Kabupaten Labuhanbatu Utara. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas X SMA Negeri 1 Kualuh Selatan tahun pelajaran 2013/2014 yang terdiri dari 7 kelas paralel. Sampel penelitian dipilih 2 kelas secara acak untuk ditetapkan menjadi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Metode yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen. Berdasarkan nilai rata-rata tes akhir, kemampuan berpikir kreatif matematik pada siswa yang memperoleh pembelajaran dengan realistic mathematics education (RME) lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran biasa.