PENGARUH PENINGKATAN MEDIA VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS VII SMP NEGERI 1 MARBAU

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Penggunaan Media Visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika di Kelas VII SMP Negeri 1 Marbau. Masalah dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui Penggunaan Media Visual dapatĀ  meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika serta untuk mengetahui Pengaruh peningkatan Media Visual terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas VII SMP Negeri 1 Marbau. Jenis penelitian ini adalah penelitian Eksperimen dengan menggunakan 2 Kelas yang terdiri dari Kelompok eksperimen adalah kelas VII1 sebanyak 30 orang, sedang kelompok kontrolnya adalah kelas VII2 sebanyak 30 orang. Dari hasil penghitungan diperoleh thitung (th) sebesar 2,565. Setelah dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf signifikansi 5% dan db 58 sebesar 1,69 ternyata thitung lebih besar dari ttabel ( 2,565 > 1,69b ). Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran dengan menggunakan Media Visual pada mata pelajaran matematika dikatakan hasil belajar menjadi meningkat karena terbukti dari tes dan observasi. Maka dapat disimpulkan bahwa media visual dapat meningkatan hasil belajar matematika. Meskipun kedua kelompok mengalami peningkatan rerata nilai, tetapi rerata nilai kelompok eksperimen lebih tinggi dibandingkan rerata nilai kelompok kontrol. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pemberian perlakuan