PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATERI POKOK LINGKARAN PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 24 AEK KANOPAN
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktifitas keterampilan proses siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 24 Aek kanopan dan menigkatkan hasil belajar matematika melalui pendekatan keterampilan proses siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 24 Aekkanopan. Tempat penelitian ini dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 24 Aek kanopan. Dalam penelitian ini populasi adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 24 Aek kanopan tahun ajaran 2014/2015 dan sampel yang digunakan dalam penelitian adalah sebagian siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 24 Aek kanopan,diambil secara acak yaitu dengan mengambil dua kelas yaitu dengan mengambil dua kelas yaitu satu kelas untuk kelas control (kelas VIII B) dan satu kelas sebagai kelas eksperimen (kelas VIII A). Metode yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen (eksperimen semu). Data yang diperlukan dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan metode pengumpulan data berupa dokumentasi, tes, Lembar observasi siswa, dan lembar aktivitas guru. Rata-rata hasil belajar matematika peserta didik pada materi lingkaran dengan menggunakan model belajar konvensional adalah 59,22, rata-rata hasil belajar matematika peserta didik pada materi lingkaran dengan menggunakan menggunakan model keterampilan proses adalah 64,86 dan terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar matematika materi lingkaran dengan menggunakan model pembelajaran konvensional dan yang menggunakan pendekatan keterampilan proses