PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF BRAINSTORMING DENGAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS VII MTs NEGERI 2 RANTAU UTARA KABUPATEN LABUHANBATU TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Perbedaan model pembelajaran kooperatif Brainstorming dengan model pembelajaran Snowball Throwing terhadap Hasil Belajar PKn Siswa di Kelas VII MTs Negeri 2 Rantau Utara Tahun Pelajaran 2016/2017 baik itu secara statistik maupun secara kualitatif. Jenis penelitian ini adalah eksperimen yang menggunakan pre test dan post test control grup design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Negeri 2 Rantau Utara Tahun Pelajaran 2016/2017. Sampel penelitian berjumlah 70 orang siswa terdiri dari 2 kelas. Satu kelas diajarkan dengan metode pembelajaran Snowball Throwing yakni kelas XI1 dan satu kelas lainnya diajarkan dengan metode pembelajaran Brainstorming yakni kelas XI2 sebanyak 35 siswa. Masing-masing kelas berjumlah 35 orang siswa. Hasil penelitian ini diperoleh nilai rata-rata hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing adalah 13,97 dan simpangan baku S1 = 1,98. Nilai rata-rata hasil belajar siswa dengan model pembelajaran menggunakan Brainstorming adalah 11,80 dan simpangan baku S1 = 1,53, Terdapat perbedaan antara hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing dan model pembelajaran Brainstorming dengan = 0,05 diperoleh thitung = 5,13 dan ttabel = 1,660. Dengan demikian dapat disimpulkan terdapat perbedaan yang signifikan model pembelajaran Snowball Throwing dan model pembelajaran Brainstorming di Kelas VII MTs Negeri 2 Rantau Utara Tahun Pelajaran 2016/2017. Kata Kunci : Model Brainstorming, Model Snowball Throwing, Hasil Belajar