PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAM QUIZ TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI KELAS VII SMP NEGERI 1 KECAMATAN NA. IX-IX TAHUN PELAJRAN 2013/2014

Abstract

Model pembelajaran Team Quiz merupakan suatu memungkinkan siswa untuk mengembangkan pola pikirnya sesuai dengan minat dan kemampuan masing-masing, model pembelajaran yang dapat mempermudah proses penerimaan matari pelajaran yang akan disampaikan pendidik dengan pilihan model yang lebih variatif dan sudah barang tentu mempermudah pencapaian keberhasilan tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk melihat efektifitas penerapan Model Pembelajaran Tema Quiz pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan, siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kecamatan Na. IX-X yang berjumlah 280 orang, dan yang menjadi sampel penelitian sebanyak 40 orang siswa. Untuk model pembelajaran Team Quiz (variabel X) terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (variabel Y), penelitian menunjukkan peningkatan kemampuan belajar siswa pada siklus nilai rata-rata 7,22 dan siklus II menjadi 8,14. Dengan demikian menunjukkan adanya korelasi positif, ini berarti diterimanya hipotesis yang menyatakan Terhadap pengaruh Model Pembelajaran Kewarganegaraan kompetensi dasar penegaan dan perlindungan HAM di Indonesia Kelas VII SMP Negeri 1 Kecamatan Na. IX-X. Kata Kunci : Model pembelajaran Team Quiz, peningkatan hasil belajar.