HUBUNGAN KEMAMPUAN GURU MERUMUSKAN TUJUAN PEMBELAJARAN KHISIS DENGAN PRESTASI BELAJAR PPKN PADA SMA NEGERI SEI BEROMBANG
Abstract
Dalam penelitian, sudah merupakan hal yang lazim untuk melakukan penelitian terlebih dahulu dengan menetukan tujuan apa yang hendak dicapai, sebab tanpa tujuan segala yang dilakukan akan membawa hasil yang sia-sia. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data dan informasi tentang kemampuan guru membuat TPK sebelum menyampaikan materi pelajaran, untuk memperoleh data dan informasi prestasi belajar yang diperoleh siswa khususnya dalam bidang studi PPKn pada siswa SMA Negeri Sei Berombang, dan untuk memperoleh data dan informasi tentang hubungan antara kemampuan guru menyusun TPK dengan prestasi belajar PPKn pada SMA Negeri Sei Berombang. Penelitian ini merupakan penelitian kolerasional dengan populasi berjumlah 250 orang dan sampel yang diambil 26 orang dari banyak populasi yang ada pada siswa dan guru bidang studi PPKn di SMA Negeri Sei Berombang. Maka untuk menguji kebenaran hipotesa teknik analisis yang digunakan adalah analisis kualitatif dengan menggunakan kolerasi Product Moment untuk mencari besarnya nilai kolerasi diperoleh nilai t sebesar 3,17 sedangkan nilai t dalam tabel adalah 1,706. Hipotesis yang ditetapkan diterima adalah hipotesis alternative H(a), sebab nilai t (hitung) lebih besar dari nilai t (tabel). Atau 3,17 > 1,706 pada prestasi belajar siswa PPKn SMA Negeri Sei Berombang.