UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOMPERATIF TIPE STAD PADA KONPENSI DASAR MENDESKRIPSIKAN HAKIKAT DEMOKRASI KELAS VIII SMP NEGERI 3 MOTONG
Abstract
Untuk mengetahui peranan Hasil Pembelajaran Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa melalui Model Pembelajaran Komperatif Tipe Stad pada Konpensi Dasar Mendeskrifsikan Hakikat Demokrasi Kelas mengenai Pendidikan Kewarganegaraan dalan menigkatkan keaktifan siswa pada pembelajaran PKn dengan kompetensi dasar mendeskrifsikan hakikat demokrasi di VIII SMP Negeri 3 Montong. Tujuan penelitian tersebut diuraikan untuk upaya meningkatkan hasil belajar hasil belajar siswa melalui model pembelajaran komperatif tipe stad pada kompetensi dasar mendeskrifsikan hakikat demokrasi kelas mengetahui peranan guru dalam meningkatkan keaktifan siswa pada pembelajaran pendidikan kewarganegaraan. Metode penelitian tempat penelitian merupakan suatu lokasi dimana penelitian akan dilakukan untuk memperoleh data sesuai dengan permasalahan. Sesuai dengan judul ynag telah peneliti pilih, maka tempat yang digunakan dalam peneliti ini dikelas VIII Negeri 3 Montong. Dengan demikian penelitian menjadi lebih efektif dan efesien. Dalam peneliti sampel akan menunjukkan sampel mengenai masalah yang diteliti ini jujur, dapat dipercaya, dan datanya obyektif. Untuk upaya meningkatkan hasil belajar siswa dikelas VIII SMP Negeri 3 Montong. Manfaat penelitian praktis sebagai masukan kepada guru Pendidikan Kewarganegaraan untuk meningkatkan peranan dan cara-cara pembelajaran pendidikan dengan cara meningkatkan keaktifan siswa. Sebagai masukan kepada siswa untuk meningkatkan keaktifannya pada pembelajaran PKn dengan arahan dan bimbingan guru. Sebagai bahan rujukan bagi penulis sebagai calon pendidik Pendidikan Kewarganegaraan sehingga menjadi bekal untuk terjun kedunia pendidikan. Sebagai masukan bagi sekolah dalam usaha meningkatkan mutu pendidikan.