PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN DISKUSI DALAM PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PADA KOMPETENSI DASAR MENJELASKAN MAKNA KEDAULATAN RAKYAT SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 KOTA PINANG KABUPATEN LABUHANBATU SELATAN TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Abstract

Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan metode diskusi dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada pelajaran PKn pada kompetensi dasar menjelaskan makna kedaulatan Rakyat pada siswa kelas VIII SMP NEGERI 2 Kotapinang Kabupaten Labuhanbatu Selatan Tahun pelajaran 2014/2015. Metode Diskusi adalah suatu cara penyajian bahan pelajaran dimana Guru memberi kesempatan kepada para siswa (kelompok-kelompok siswa) untuk mengadakan perbincangan ilmiah guna mengumpulkan pendapat, membuat kesimpulan atau penyusunan berbagai alternatif pemecahan atau suatu masalah. Adapun lokasi peneliti ini akan dilaksanakan di SMP NEGERI 2 Kotapinang Kabupaten Labuhanbatu Selatan tahun 2014/2015 dan waktu pelaksanaan peneliti sesuai dengan jadwal pada bulan Mei s/d Juni 2015. Adapun kesimpulan dalam penelitian adalah dari hasil keseluruhan dari Angket baik dari responden maupun pihak sekolah dapat dilihat persentasi yang mendukung hipotesa sebesar 75,18%. Hal ini menunjukkan penerapan metode diskusi dapat meningkatkan prestasi belajar siswa khususnya siswa di SMP NEGERI 2 Kotapinang Kabupaten Labuhanbatu Selatan tahun pelajaran 2014/2015. Kata kunci: Penerapan, metode, diskusi, prestasi belajar