PERSEPSI GURU TENTANG PENGARUH SERTIFIKASI DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU DI SMP NEGERI 3 RANTAU UTARA KABUPATEN LABUHANBATU
Abstract
Sertifikasi guru bertujuan untuk: menemukan kelayakan guru dalam melaksanakan tugas sebagai agen pembelajaran dan mewujudkan tujuan pendidikan nasional, meningkatkan proses dan mutu basil pendidikan, meningkatkan martabat guru, meningkatkan profesionalitas guru, meningkatkan kesejahteraan guru. Seiring dengan digulirkannya program sertifikasi diharapkan mampu meningkatkan mutu pembelajaran. Populasi dari penelitian ini adalah guru-guru di SMP Negeri 3 Rantau Utara Kabupaten Labuhanbatu yang kemudian menjadi sampel total berjumlah 20 orang. Masalah yang diteliti dirumuskan sebagai berikut: 1) Bagaimana persepsi guru terhadap program sertifikasi. 2) Bagaimana kualitas pembelajaran di sekolah tersebut. 3) Apakah persepsi guru tentang sertifikasi berpengaruh terhadap kualitas pembelajaran di sekolah tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskripsi korelasional untuk menetapkan besarnya hubungan antara variabel- variabel. Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket, observasi dan dokumentasi. Tehnik analisa data sepenuhnya diolah dengan menggunakan perhitungan statistic deskriptif program SPSS 14.0 (Statistical Program for Social Services).Koefisien korelasi antara persepsi guru tentang sertifikasi (Variabel X) dengan kualitas pembelajaran (Variabel Y) adalah sebesar 0,434 menunjukkan korelasi sedang. Artinya, kualitas pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru di SMP Negeri 3 Rantau Utara Kabupaten Labuhanbatu menunjukkan kualitas baik dan dipengaruhi sedang oleh adanya program sertifikasi. Oleh karena angka koefisien korelasi itu signifikan pada taraf keberartian 0,05, maka dapat disimpulkan menerima hipotesis kerja (H1), yang menyatakan