PENELITIHAN TINDAKAN KELASPENGARUH PEMBELAJARAN PORTOFOLIOTERHADAP HASIL BELAJAR MATERI PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN KELAS VII MTS NEGERI 2 RANTAUPRAPAT TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Abstract
Model pembelajaran portofolio merupakan mdel pembelajaran yang dapat mempermudah proses penerima materi pembelajaran yang akan disampaikan pendidikan dengan pilihan model yang lebih variatif dan sudah barang tentu mempermudah pencapaian keberhasilan tujuan pembelajaran. Penelitihan ini bertujuan untuk melihat efektivitas penerapan model pembelajaran porfolio pada mata pembelajaran Pendidikan Kewarganeraaan, populasi penelitihan adalah siswa kelas VII MTs Negeri 2 Rantauprapat yang berjumlah 232 orang, dan yang menjadi sampel untuk hubungan model pembelajaran porfolio (variabel X) terhadap hasil belajar siswa pada mata pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (Variabel Y), dilakukan uji korelasi product moment diperolah rhitung = 0,529, sedangkan rtabel = 0, 312, maka r hitung > r tabel. Dengan demikian menunjukkan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan anatara pembelajaran porfolio terhadap hasil belajar siswa kelas VII di MTs Negeri 2 Rantauprapat Tahun Pembelajaran 2012/2013 dalam mata pambelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Kata kunci: Portofolio, peningkatan hasil belajar