MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE TERHADAP HASIL BELAJAR PKN SISWA DI KELAS X PADA MATERI MENGANALISIS SISTEM POLITIK DI INDONESIA DI SMA SWASTA BHAYANGKARI-2 RANTAU PRAPAT TAHUN AJARAN 2016/2017

Abstract

Latar belakang masalah pada penelitian ini  adalah terdapat adanya proses pembelajaran bahwa seorang guru masih mendominasi kegiatan pembelajaran hanya menggunakan model pembelajaran konvensional saja atau ceramah. Dan hal itu membatasi aktivitas belajar siswa sehingga siswa memiliki semangat belajar yang rendah, serta pasif sehingga proses pembelajaran sangat membosankan. Metode penelitian ini adalah metode quasi eksperimen, dan instrument penelitian yang digunakan berupa test pilihanganda berjumlah 20 soal dengan 5 alternative jawaban. Jumlah populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah 60 siswa yang terdiridari 2 kelas dan masing-masing kelas eksperimen dan kontrol berjumlah 30 siswa yang di peroleh dengan menggunakan tekhnik random sampling atau secara acak.hasil penelitian mengungkapkan bahwa Pengaruh Model Pembelajaran Example Non Example ini berpengaruh terhadap hasil belajar PKN siswa . berdasarkan pengujian hipotesis diperoleh varians nilai posttest kelas kontrol adalah 36,20 dan varians nilai posttest kelas eksperimena dalah 42,21.berdasarkan perhitungan yang diperolehthitung>ttabel(3,73>1,69) sehingga rata-rata hasil belajar PKN siswa yang diajarkan dengan menggunakan Model Pembelajaran ExampleNon Example  lebih tinggi dari pada hasil belajar PKN siswa yang diajarkan dengan Model pembelajaran Konvensional.Kata Kunci : Model, Pembelajaran, Example non example, hasil belajar, sistem politik