PENERAPAN PRINSIP KEHATI-HATIAN MELALUI PENGGUNAAN SISTEM INFORMASI DEBITOR (SID) DALAM PEMBERIAN KREDIT DI BANK PERKREDITAN RAKYAT (BPR)

Abstract

Laporan Debitur dalam Sistem Informasi Debitur (SID) merupakan laporan yang berisi informasi lengkap mengenai keadaan debitur. Laporan ini dimaksudkan untuk membentuk data induk debitur secara nasional yang dipergunakan untuk membantu Bank Pelapor dalam memperlancar proses penyediaan dana, mempermudah penerapan menejemen risiko, membantu bank dalam melakukan identifikasi kualitas debitur untuk pemenuhan ketentuan yang berlaku. Namun dalam pelaksanaannya Sistem Informasi Debitur (SID) juga terdapat kendala, kendala tersebut dapat berasal dari intern dan ekstem. Faktor intern yang menjadi kendala yaitu sumber daya manusia (SDM) petugas masih mengalami kesulitan dalam pengisian form dalam Sistem Informasi Debitur (SID). Faktor ekstem yang menjadi kendala berkaitan dengan Sistem Informasi Debitur (SID) yaitu gagalnya validasi, ekspor impor data, dan ketidak lengkapan data debitur yang dimiliki, dalam aplikasi Sistem Informasi Debitur (SID).