LUGHO: Aplikasi Media Pembelajaran Bahasa Arab untuk Sekolah Dasar

Abstract

Upaya menginovasi dan mengkreasi pembelajaran secara berkelanjutan menjadi penting seiring berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi. Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa masih terdapat beberapa tema materi yang memerlukan bantuan media pembelajaran yang mengakomodir 4 kemampuan bahasa, yaitu menulis, membaca, menyimak, dan berbicara. Penelitian ini bertujuan guna membantu guru dalam proses pembelajaran perlu adanya pengembangan Media Pembelajaran bahasa arab berbasis android untuk kelas IV Madrasah Ibitdaiyah. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development menggunakan model empat tahap pengembangan, yaitu Tahap Pendefinisian (Define), Perancangan (Design), Pengembangan (Development) dan Penyebaran (Deseminate). Hasil penelitian ini menyatakan 1) aplikasi LUGHO sebagai media pembelajaran bahasa arab pada tema Afrodul Usrah merupakan media pengembangan yang sesuai dengan perkembangan zaman; 2) Kelayakan Lugho dalam mendukung pembelajaran ditunjukkan melalui hasil penilaian sejumlah ahli materi dan media (sangat baik) 3) penilaian kualitas oleh guru berkategori Baik; dan 4) hasil uji coba dengan kategori sangat baik. Selanjutnya, diperlukan penelitian lebih lanjut terkait efektifitas Aplikasi LUGHO pada pembelajaran bahasa arab tema 5 tentang Afrodul Usrah.