Perbandingan Hasil Belajar Fisika Menggunakan Metode Eksperimen Dan Metode Demonstrasi Siswa Kelas VIII SMP TMI Roudlatul Quran Metro

Abstract

Hasil belajar siswa kelas VIII SMP TMI Roudlatul Qur’an Metro berdasarkan hasil Pra-survey masih banyak yang belum memenuhi KKM. Dalam proses pembelajaran siswa menganggap pelajaran fisika sebagai pelajaran yang sulit dan rumit, siswa kurang menanggapi atau mengajukan pertanyaan, dan kurang rasa tanggung jawab siswa dalam menyelesaikan tugas-tugas. Penelitian ini bertujuan: (1). untuk mengetahui perbedaan hasil pembelajaran fisika dengan menggunakan metode eksperimen dan metode demonstrasi, (2). untuk mengetahui metode mana yang lebih tinggi rata-rata hasil belajar fisika menggunakan metode eksperimen dan metode demonstrasi. Sampel adalah kelas VIII A diajar dengan metode Eksperimen, dan kelas VIII B menggunakan metode Demonstrasi. Objek penelitian 60 orang, terdiri dari 30 orang kelas VIII A dan 30 orang kelas VIII B, dipilih secara random. Penelitian ini menggunakan perhitungan uji normalitas, uji homogenitas, uji kesamaan dua rata-rata, dan uji perbedaan dua rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan, dari perhitungan uji kesamaan dua rata-rata diperoleh , berarti (1) Ada perbedaan rata-rata hasil belajar fisika siswa yang mendapatkan pelajaran dengan menggunakan metode eksperimen dan metode demonstrasi. Dari perhitungan uji perbedaan dua rata-rata diperoleh , berarti (2) rata-rata hasil belajar fisika siswa yang mendapatkan pelajaran dengan pemberian metode eksperimen lebih tinggi dari rata-rata hasil belajar fisika siswa yang mendapatkan pelajaran dengan pemberian metode demonstrasi. The learning result of class VIII SMP TMI  ROUDLATUL QURAN METRO based on pra survey result that still many do not complete a minimum criterium. On learning process students to a physics as a difficult and complicated lesson, students less of responding ar ask a question, and less of student responsibility to do homework that teacher given. This research was proposed: (1).To know the different results of learning physics by using the experimental method and demonstration method, (2). To determine the difference which method higher an average of the learning physics using the experimental method and demonstration method. The samples of this research were VIII A which was taught by the experiment method and VIII B by the demonstration method. The total of students was 60, consist of 30 people in VIII A and 30 people in VIII B, who were randomly selected. The research used the calculation of the normality test, homogeneity test, two average similarity test, and two average difference test as the data analysis technique. Result in this research is from the accounts test in common two averages obtained, so (1) there is the difference an average of the learning of physics students who get learning using experiment method from the accounts test common two averages obtained, so (2) average of the learning outcome of physics students taught by experiment method is higher than an average of the learning outcome of physics students with using demonstration method.