Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Pendidikan Karakter Di MAPN 4 Medan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pemahaman guru PKn tentang PKn sebagai pendidikan karakter di MAPN 4 Medan; (2) Nilai-nilai karakter yang telah dikembangkan dalam pembelajaran PKn di MAPN 4 Medan; (3) Kegiatan pembelajaran PKn sebagai pendidikan karakter di MAPN 4 Medan; dan (4) Kontribusi PKn dalam menumbuhkan budaya demokrasi dan karakter siswa di MAPN 4 Medan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan di MAPN 4 Medan, yang dilaksanakan pada bulan September sampai dengan bulan November tahun 2016. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, dokumentasi dan observasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) Guru PKn di MAPN 4 Medan belum maksimal dalam memahami PKn sebagai pendidikan karakter; (2) Ada tiga belas nilai karakter yang telah dikembangkan dalam pembelajaran PKn di MAPN 4 Medan. Nilai-nilai karakter tersebut yaitu religius, semangat kebangsaan, cinta tanah air, jujur, demokratis, toleransi, semangat kebangsaan, cinta damai, tanggung jawab, kerja keras, mandiri, dan disiplin. Sebagian besar Guru PKn di MAPN 4 Medan sudah mengembangkan nilai-nilai karakter dalam pembelajaran PKn; (3) Kegiatan pelaksanaan pembelajaran PKn sebagai pendidikan karakter di MAPN 4 Medan sebagian besar sudah dilaksanakan dengan cukup baik. Walaupun masih ada guru yang belum optimal dalam menerapkan Pendidikan Karakter; dan (4) Mata Pelajaran PKn memiliki pengaruh atau kontribusi yang cukup besar di MAPN 4 Medan.