205 PEMANFAATAN PLASTIK TRANSPARAN DAPAT PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA BILANGAN PECAHAN BAGI SISWA KELAS IV SDN 132403 TANJUNGBALAI

Abstract

Penelitian Untuk mengetahui apakah dengan pemanfaatan plastiktransparan bagi siswa kelas IV SD 132405 Tanjungbalai dapat meningkatkanhasil belajar matematika operasi hitung bilangan pecahan. Metode penelitian inimenggunakan PTK. Sedangkan hasil penelitian menunjukkan bahwa Rata-ratanilai siswa pada saat Tes Awal sebesar 18,33 % dengan ketuntasan belajarsebesar 16,66 %, namun setelah dilakukan tindakan pada siklus I di dapat rataratahasil belajar sebesar 44,72 % dimana 32 orang siswa atau 88,8 % siswasudah mencapai tingkat ketuntasan belajar (Jumlah nilai  80), Pada siklus II inididapat rata-rata tes hasil belajar siswa sebesar 46, 52 % dimana 35 orang siswaatau 97 % siswa sudah mencapai tingkat ketuntasan belajar (jumlah nilai  80).