Peranan Lingkungan Pendidikan dalam Meningkatkan Pengamalan Ibadah Shalat Sunnah Siswa/I di MDTA Arafah KPUM Kelurahan Terjun Medan Marelan

Abstract

AbstrakTujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui peranan lingkungan pendidikan di MDTA Arafah KPUM Kelurahan Terjun Medan Marelan; (2) Untuk mengetahui pelaksanaan ibadah shalat sunnah di MDTA Arafah KPUM Kelurahan Terjun Medan Marelan; (3) Untuk mengetahui pengaruh lingkungan terhadap peningkatan pelaksanaan ibadah shalat sunnah di MDTA Arafah KPUM Kelurahan Terjun Medan Marelan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang mengedepankan interprestasi subjektif dari peneliti. Peneliti dalam hal ini menggunakan instrumen pengumpulan data melalui proses wawancara, pengamatan (observasi), dan dokumentasi. Subjek pada penelitian ini adalah Kepala sekolah, Guru, siswa/i dan orang tua siswa/wali murid. Adapun hasil penelitian ini adalah: (1) Peranan lingkungan pendidikan sangat besar sekali dalam meningkatkan pengamalan ibadah shalat sunnah siswa. Bukan saja lingkungan pendidikan yang baik bisa memberi motivasi kepada anak, tetapi lingkungan keluarga juga sangat berperan penting, misalnya orang tua sangat berperan penting dalam memotivasi  dan mengawasi anak agar lebih semangat meningkatkan ibadah shalat sunnah; (2) Peran lingkungan pendidikan sangat berpengaruh dalam melaksanakan dan meningkatkan pengamalan ibadah shalat sunnah. Kata Kunci:  Manajemen, Keuangan dan Pembiayaan