PERAN MOTIVASI KERJA DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MADRASAH ALIYAH SWASTA AISYIYAH MEDAN
Abstract
AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Motivasi kinerja guru di MAS Aisyiyah Medan; (2). Peran kepala sekolah dalam peningkatan motivasi guru; (3) Dampak peningkatan kinerja guru di MAS Aisyiyah Medan dilihat dari segi proses dan hasil; (4) faktor-faktor pendukung yang dapat meningkatkan kinerja guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data diperoleh dari data primer dan sekunder. Prosedur yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara mendalam dan studi dokumen. Adapun analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan mengenai Peran Motivasi Kerja dalam Meningkatkan Kinerja Guru di Madrasah Aliyah Swasta Aisyiyah Medan, maka dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Motivasi kinerja guru di MAS Aisyiyah Medan, dapat dilihat dari dua motif yaitu motivasi intrinsik dan ekstrinsik. Motivasi yang paling menonjol yaitu motif intrinsik. (2) Kepala sekolah sangat berperan dalam peningkatan motivasi guru, dengan bentuk perhatian, pujian dan penghargaan kepada setiap guru. Secara umum diketahui bahwa tingkat motivasi kerja guru sudah sangat tinggi. (3) Dampak kinerja guru di MAS Aisyiyah Medan dapat dilihat dari dua segi, yaitu dari segi proses dan segi hasil. (4) Faktor pendukung yang dapat meningkatkan kinerja guru dari unsur internal dan eksternal, sarana dan prasarana, kurikulum dan metode, lingkungan, guru, dan peserta didik. Kata Kunci: Motivasi Kerja, Kinerja