Konstruksi Pendidikan Karakter Islami Siswa SMPIT Al-Munadi Medan

Abstract

Abstrak Hasil penelitian ini adalah: (1) Nilai-nilai pendidikan karakter Islami yang dikonstruksi pada siswa SMPIT Al-Munadi mencakup religious, jujur, disiplin, peduli Sosial, cinta damai, menghargai prestasi, kerja keras, mandiri, tanggung-jawab; (2) Konstruksi pendidikan karakter Islami yang dilakukan sekolah pada siswa SMPIT Al-Munadi Medan terlaksana dengan baik, yang dilakukan memiliki beberapa tahapan, yakni pengajaran, peneladanan, pembiasaan, pemotivasian, dan penegakan aturan serta menggunakan 5 metode yakni menjadi teladan, membiasakan, memberi perhatian, dan memberikan hukuman; (3) Bentuk-bentuk karakter Islami yang diinginkan ada pada siswa setelah terjadi proses konstruksi tersebut adalah 7 bentuk karakter yang sudah ditetapkan oleh JSIT (Jaringan Sekolah Islam Terpadu) yakni Aqidah yang bersih (Salimul Aqidah), Ibadah yang benar (Shohihul Ibadah), pribadi yang matang (Matinul Khuluq), mandiri (Qodirun Alal Kasbi, cerdas dan berpengetahuan (Mutsaqqoful Fikri), sehat dan kuat (Qowiyul Jismi), bersungguh-sungguh dan disiplin (Mujahidun Linafsihi); (4) Tantangan dalam proses konstruksi pendidikan karakter Islami pada  siswa SMPIT Al-Munadi Medan terdiri dari tiga aspek, yakni: (a) Aspek siswa yang meliputi latar belakang sekolah dasar siswa, pola asuh dan pola pikir orang tua; (b) Aspek guru, yakni tidak semua guru memiliki visi yang sama dalam melakukan proses konstruksi; (c) Aspek fasilitas sekolah, yakni keterbatasan sekolah dalam menyediakan fasilitas yang mendukung proses konstruksi disebabkan masih berada di gedung sementara.   Kata Kunci: Konstruksi, pendidikan, karakter Islami