Perbandingan Hasil Tes Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas III SMU Korpri Unit Universitas Pendidikan Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk bagaimana gambaran perkembangan prestasi siswa SMU KORPRI kelas III IPS dan III Bahasa dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Dengan mengambil sampel sebanyak 41 orang siswa kelas III PS dan 40 orang siswa kelas III Bahasa SMU KORPRI, penelitian ini membuktikan bahwa pada umumnya, siswa kelas III SMU KORPRI unit Universitas Pendidikan Indonesia baik yang mendapatkan pengajaran bahasa Arab maupun tidak mendapatkan pengajaran bahasa arab mampu membaca Alquran. Di samping itu, berdasarkan hasil tes sumatif pada catur wulan I menunjukkan bahwa prestasi siswa kelas II Bahasa jauh lebih tinggi dibandingkan prestasi siswa kelas III PS dalam Pendidikan Agama Islam. Sementara itu, ditinjau dari kontribusi antara pengajaran cabasa Arab dengan prestasi siswa dalam Pendidikan Agama Islam ternyata menunjukkan adanya korelasi yang cukup tinggi, hal ini terlihat dari hasil korelasi antara kemampuan siswa membaca AI-quran dengan prestasi Pendidikan Agama Islam bagi siswa yang mendapatkan pengajaran Bahasa Arab.