Efektifitas Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Dalam Matapelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas VI SD Negeri No.060888 Kecamatan Medan Sunggal Semester 2 T.P.2015/2016
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa di kelas VI SD Negeri No.060888 Kecamatan Medan Sunggal dengan menggunkan Model Pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian Tindakan dilaksanakan di kelas VI SD Negeri No.060888 Kecamatan Medan Sunggal,melalui dua siklus. Data penelitian diperoleh melalui lembar observasi, dan tes prestasi belajar. Prosedur penelitian terdiri dari tiga tahapan yaitu tahap kerja kelompok memecahkan masalah berupa kasus selama dua kali siklus dan tahap pemantapan melalui tes dan uji kemampuan secara individu. Hasil analisis siklus I dan siklus II ternyata dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dalam pelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas VI SD Negeri No.060888 Kecamatan Medan Sunggal. Hal ini juga menunjukkan bahwa aktivitas belajar kelompok memberikan dampak positif terhadap perolehan nilai prestasi belajar.Kata