PEMANFAATAN MASJID SEBAGAI SARANA PEMBELAJARAN FIQIH DI MIS BINA KELUARGA MEDAN
Abstract
AbstrakTujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui proses kegiatan belajar mengajar pada materi fiqih, (2) untuk mengetahui sarana dan prasarana yang digunakan dalam proses pembelajaran fiqih, (3) untuk mengetahui pemanfaatan masjid sebagai sarana pembelajaran fiqih dan untuk mengetahui kendala yang dialami dalam memanfaatkan masjid sebagai sarana pembelajaran fiqih di kelas IV MIS Bina Keluarga Medan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan menggunakan jenis penelitian deskriptif. Untuk metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Proses pembelajaran fiqih melalui tiga tahap yaitu kegiatan awal, kegiatan inti, dan penutup, (2) Kondisi sarana dan prasarana MIS Bina Keluarga sangat sedikit dan kurang memadai contohnya tidak adanya masjid sebagai sarana pembelajaran. Namun, peserta didik dapat menggunakan masjid yang ada di disamping sekolah, (3) Fungsi masjid selain tempat beribadah juga tempat kegiatan belajar mengajar, (4) Kendala yang dihadapi oleh guru saat menggunakan masjid sebagai sarana pembelajaran fiqih adalah siswa yang mengikuti pembelajaran fiqih di masjid kurang kondusif sehingga menimbulkan tidak terfokusya sistem belajar mengajar di masjid. Kata Kunci: Masjid, Sarana Pembelajaran, Fiqih