Upaya Pengawas dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Interpersonal Guru Melalui Pelaksanaan Supervisi

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya peningkatan kemampuan guru MTs Negeri Binjai dalam menjalin komunikasi interpersonal yang baik dengan siswa setelah mengikuti supervisi melalui bimbingan kelompok. Metode yang digunakan adalah Classroom Action Research (CAR), yang dilaksanakan oleh pengawas madrasah. Action research pada hakikatnya merupakan rangkaian “riset-tindakan”, yang dilakukan secara siklik, dalam rangka memecahkan masalah sampai masalah itu terpecahkan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, tes, dan skala sikap. Adapun responden yang dijadikan sampel adalah 51 orang guru MTs Negeri Binjai. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat peningkatan kemampuan komunikasi interpersonal guru setelah dilaksanakannya tindakan supervisi oleh pengawas melalui bimbingan kelompok terhadap guru serta memberikan dampak positif terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Kemampuan komunikasi interpersonal guru pada siklus 1 meningkat dari kategori cukup sebesar 62,00 menjadi kategori baik sebesar 82,04. Kata Kunci: Pengawas, Komunikasi Interpersonal, Supervisi