Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Dan Hasil Belajar IPS Melalui Model Pembelajaran Type Numbered Head Together (NHT) Di Kelas IX-E SMP Negeri 40 Medan

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Kooperatif Type Numbered Head Together (NHT) pada pembelajaran IPS. Alat pengumpul data yang digunakan adalah lembar observasi untuk guru dan lembar penilaian observasi aktivitas belajar siswa. Hasil setiap siklus dianalisis dan kemudian dijadikan sebagai acuan pada tindakan siklus berikutnya. Tindakan yang dilakukan terdiri dari tindakan individu dalam kerja Tim (kelompok) selama 2 siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif type NHT dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini terbukti dalam penelitian ini diperoleh nilai siswa pada siklus I sebesar 58.82% siswa tidak tuntas dan 41,18% siswa tuntas hasil belajarnya dalam proses pembelajaran dengan nilai rata-rata siswa 69,26. Siklus II ketuntasan belajarnya sebesar 8,82% siswa tidak tuntas dan sebesar 91,17% siswa tuntas dengan nilai rata-rata 77,97 hasil belajarnya mengalami peningkatan yang sangat signifikan.