Pengaruh Kedisiplinan Terhadap Kemampuan Menghafal Alquran Siswa Di MAS Al-Mukhlishin Kabupaten Batubara

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kedisiplinan terhadap kemampuan menghafal Alquran siswa di Madrasah Aliyah Swasta Al-Mukhlishin Kabupaten Batubara. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini melalui pendeketan deskriptif kuantitatif yaitu pendekatan yang bertujuan untuk menggambarkan secara sistematis fakta atau karakteristik populasi atau bidang tertentu secara faktual dan cermat. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa Aliyah yang berjumlah 230 siswa dan sampel penelitian ditentukan dengan tingkat persentase 25% dari jumlah populasi yaitu sebanyak 58 orang, analisis data melalui tahapan uji validitas, reliabilitas, normalitas data dan uji pearson korelasi dan koefisien determinasi. Temuan Hasil Penelitian Menunjukkan Bahwa Pengaruh Kedisiplinan Terhadap Kemampuan Menghafal Alquran Siswa Di Madrasah Aliyah Swasta Al-Mukhlisin Kabupaten Batubara Berpengaruh Positif Dan Signifikan Dengan Perolehan Nilai Thitung Sebesar 3,919 Dan Ketentuan Nilai Ttabel Sebesar 2.002, Dengan Artian Bahwa Thitung > Ttabel Dengan Nilai Signifikan Sebesar 0,000 < 0,05. Dengan Nilai Koefisien Determinasi (R Square) Sebesar 0,486. Hal Ini Memiliki Arti Bahwa Variabel X (Kedisiplinan) Dalam Penelitian Ini Memiliki Nilai Pengaruh Dengan Tingkat Persentase Sebesar 48,60% Terhadap Variabel Y (Kemampuan Menghafal Alquran) Pada Siswa Madrasah Aliyah Swasta Al-Mukhlisin Kabupaten Batubara, Dari Hasil Tersebut Dapat Disimpulkan Bahwa Hipotesis Dalam Penelitian Ini Diterima.