Menggambar Teknik dengan Teknologi 3 Dimensi Bagi Guru dan Siswa SMKN di Bangkalan

Abstract

Konsep dan gagasan masih berupa abstrak jika hanya ada di dalam pikiran, selanjutnya dapat diwujudkan setelah dituangkan berupa gambar sketsa hingga kemudian disempurnakan sesuai dengan tujuan. Pada dunia teknik, gambar sangat berperan penting dalam proses perancangan dan perencanaan sebelum memasuki tahap pembuatan dan perakitan. Dengan gambar, komponen-komponen penyusun, kode maupun simbol, ukuran, port, jalur-jalur penghubung dapat terlihat lebih obyektif. Mata pelajaran menggambar teknik merupakan salah satu materi wajib bagi siswa  di beberapa SMKN di Bangkalan sejak lama, namun masih berupa gambar sketsa manual 2D belum berbasis komputer. Perkembangan teknologi yang kian pesat tentu saja berimbas pada dunia usaha dan industri sebagai pasar lulusan SMK. Peningkatan kualitas pendidikan dan sumber daya manusianya tentu saja menjadi suatu keharusan untuk mencetak mutu lulusan SMK yang memenuhi kebutuhan pasar, sejalan dengan INPRES No 9 tahun 2016 tentang revitalisasi SMK. Gambar sketsa manual masih diperlukan tetapi untuk hasil yang lebih mendekati realitas perlu dituangkan menjadi gambar 3D yang bahkan bisa langsung di cetak menggunakan printer 3D sehingga bisa langsung dikoreksi hasil desain yang telah dibuat. Salah satu perangkat lunak yang dapat dimanfaatkan untuk mendesain gambar 3D adalah Autodesk Inventor.