Pengaruh Asosisasi Merek Terhadap Respon Konsumen Merek Tolak Angin di Surabaya

Abstract

Fokus penelitian ini adalah menganalisa pengaruh asosiasi merek terhadap respon konsumen. Dalam penelitian ini, asosiasi merek diukur melalui fungsi merek (garansi, identifikasi pribadi, identifikasi sosial dan status). Dilain pihak respon konsumen diukur melalui kemauan membayar dengan harga premium, merekomendasikan ke orang lain, dan menerima perluasan merek. Sampel penelitian ini merupakan responden konsumen yang mengkonsumsi Tolak Angin di Surabaya. Ada 385 responden konsumen yang digunakan untuk keperluan pelaksanaan penelitian ini. Data yang diperoleh dianalisa dengan menggunakan program SPSS 13.0. Program SPSS digunakan untuk keperluan untuk menjalankan teknik analisa statistik yang bernama korelasi kanonikal. Hasil penelitian menunjukan bahwa asosiasi merek sebagai garansi asosiasi merek sebagai identifikasi , asosiasi merek sebagai identifikasi sosial, asosiasi merek sebagai status mempunyai pengaruh pada 2 respon konsumen (hipotesis diterima).