Perbedaan Peran Gender dalam Pandangan Dosen dan Mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura

Abstract

Penelitian ini difokuskan pada pendeskripsian perbedaan peran gender dalam pandangan civitas akademika, yaitu dosen dan mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura. Untuk mengkajinya, digunakan teori utama, yaitu gender. Selanjutnya, dalam teori tersebut dikemukakan hal-hal yang berkaitan dengan ketidaksetaraan gender, meliputi marjinalisasi, subordinasi, dan stereotipe terhadap perempuan. Adapun desain yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif dan dirancang sebagai penelitian noneksperimental atau penelitian ex-post facto. Ditinjau dari rancangan populasi dan sampel, penelitian ini dirancang sebagai penelitian survei. Adapun instrumen penelitian menggunakan (1) daftar pertanyaan (kuesioner), (2) wawancara terstruktur dan telaah literatur. Adapun analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan teknik analisis statistik dan teknik analisis korelasi product moment. Berdasarkan hasil penelitian memberikan gambaran adanya kecenderungan mayoritas responden (dosen dan mahasiswa UTM) memiliki persepsi yang sama bahwa laki-laki dan perempuan memiliki kedudukan yang setara untuk memperoleh pendidikan di perguruan tinggi. Namun, dalam hal kehidupan sosial kemasyarakatan, sebagian besar berpandangan bahwa ada perbedaan antara laki-laki dan perempuan