Berpikir Intuitif Siswa Sekolah Dasar dalam Menumbuhkan Tindak Berpikir Kreati
Abstract
Menyelesaikan permasalahan dalam matematika, dapat memunculkan ide, waktu dan strategi penyelesaian yang berbeda dari siswa. Ada siswa yang dapat memunculkan ide dan strategi penyelesaian secara langsung (directly) pada saat membaca soal. Ada pula siswa yang membutuhkan media, langkah-langkah formal atau jembatan berpikir dalam menentukan solusi penyelesaian. Tindakan siswa dalam memahami dan menemukan strategi yang tepat dan cepat dalam menyelesaikan masalah tersebut merupakan aktifitas mental yang ditopang oleh kecakapan berpikir kreatif. Berpikir kreatif merupakan sebuah kebiasaan dari pikiran yang dilatih dengan memerhatikan intuisi, menghidupkan imajinasi, mengungkapkan kemungkinan-kemungkinan baru, membuka sudut pandang, dan membangkitkan ide-ide yang tak terduga. Intuisi berperan disaat seseorang harus memilih dan mengambil keputusan secara kreatif. Kecakapan intuitif muncul secara spontan, bersifat segera (immediate), global atau mungkin muncul secara tiba-tiba (sudently) dan tidak diketahui dari mana asalnya. Tindak berfikir kreatif yang ditopang oleh kecakapan informal (berpikir intuitif) dalam menyelesaikan permasalahan matematika sangat membantu siswa dalam menentukan solusi yang tepat.