Analisis Kepuasan Peziarah Terhadap Objek Wisata Religi Makam Syaikhona Muhammad Kholil Bangkalan Madura

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepuasan peziarah terhadap objek wisata religi makam Syaikhona Muhammad Kholil Bangkalan Madura. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Lokasi penelitian ditentukan secara purposive dengan pertimbangan objek wisata religi makam  Syaikhona Muhammad Kholil merupakan objek wisata religi di Madura yang paling banyak dikunjungi peziarah. Metode analisis yang digunakan adalah analisis GAP Servqual yang dikembangkan oleh Parasuraman, Zeithmal dan Berrry (1998). Dimensi kualitas pelayanan (service quality) terdiri dari tangibles, reliability, responsiveness, assurance dan emphaty. Kepuasan peziarah ditentukan dengan menghitung  selisih antara Perceived Value dengan Expectation Value. Hasil analisis GAP Servqual didapatkan nilai untuk dimensi emphaty, reliability dan responsiveness adalah positif menunjukkan bahwa peziarah telah terpuaskan preferensinya, sedangkan untuk dimensi tangibles dan assurance adalah negatif, artinya peziarah belum terpuaskan preferensinya. Dimensi emphaty memiliki nilai gap dengan nilai positif tertinggi, atau merupakan dimensi yang paling memuaskan peziarah.