Pengaruh Pelatihan Mindfulness Terhadap Peningkatan Kontrol Diri Siswa SMA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh pelatihan meditasi mindfulness terhadap  tingkat kontrol diri. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh pelatihan meditasi mindfulness terhadap tingkat kontrol diri diri pada mahasiswa. Kabat-Zinn mendefinisikan mindfulness sebagai usaha memberikan perhatian melalui beberapa cara yaitu dengan tujuan, kekinian dan tidak ada penilian terhadapnya (Cayoun, tt).Goldfield dan Merbaum (Indraprasti & Rachmawati, 2008) mendefinisikan kemampuan mengontrol diri sebagai suatu kemampuan untuk menyusun, membimbing, mengatur dan mengarahkan bentuk perilaku yang membawa individu ke arah konsekuensi positif.Subjek penelitian ini adalah 38 subjek dari siswa-siswi kelas IPA SMA 1 Kamal Bangkalan yang terbagai menjadi 2 kelompok yaitu 18 subjek kelompok eksperimen dan 18 subjek kelompok kontrol. Penelitian ini memberikan pelatihan meditasi mindfulness kepada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol tidak mendapatkan perlakuan (waiting list).Kontrol diri subyek penelitian ini diukur dengan menggunakan skala kontrol diri hasil modifikasi dari aspek-aspek kontrol diri yang dijelaskan oleh Indraprasti & Rachmawati (2008). Berdasarkan analisis data menggunakan teknik Paired-Samples T Test diperoleh nilai koefisien korelasi r = 0,369 dengan p = 0,132 (p > 0,05) yang berarti bahwa tidak ada korelasi antara kemampuan kontrol diri kelompok eksperimen sebelum diberi perlakuan dengan sesudah diberi perlakuan. Dengan demikian maka, pelatihan meditasi mindfulness tidak berpengaruh dalam meningkatkan kontrol diri siswa.