Efektifitas Pembelajaran Menggunakan Media Edugames untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SDN Bancaran I Kabupaten Bangkalan

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui efektifitas pembelajaran menggunakan media Edugames untuk meningkatkan hasil belajar siswa SDN Bancaran I Kabupaten Bangkalan. Penelitian akan memberikan perubahan paradigma bahwa matematika merupakan mata pelajaran menyenangkan yaitu penggunaan media pembelajaran Edugames, sehingga pembelajaran disajikan akan lebih menarik dan menyenangkan.Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan: (a) pembelajaran matematika materi luas bangun datar menggunakan media pembelajaran edugames lebih efektif untuk memberikan pemahaman pada siswa tentang bangun datar dan luas bangun datar, (b) terdapat respon yang positif dari siswa terhadap pembelajaran menggunakan media edugames pada materi luas daerah bangun datar, (c) hasil belajar matematika materi luas bangun datar menggunakan media pembelajaran interaktif edugames memberikan hasil yang lebih baik daripada menggunakan media yang konvensional.