Kemandirian Guru Sekolah Dasar : Studi Realitas Kemandirian Guru Sekolah Dasar Lulusan Universitas Terbuka Di Daerah Bojonegoro
Abstract
Kualitas pendidikan sangat bergantung pada siapa yang menjalankan pendidikan itu sendiri. Tingkat prestasi siswa juga sangat tergantung pada kualitas guru yang melakukan pembelajaran kepada peserta didik. Pendidikan di Indonesia telah membuat paradigma baru dalam mengatasi rendahnya kualitas pendidikan dan prestasi peserta didik melalui peningkatan kualifikasi akademik bagi guru yang mengajar di sekolah dasar hingga tingkat sekolah menengah. Untuk mewujudkan ini satu-satunya alternatif adalah Universitas Terbuka sebagai lembaga pendidikan tinggi jarak yang dapat menampung sejumlah besar siswa tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu. Hal ini karena Universitas Terbuka menggunakan sistem pembelajaran jarak jauh dengan konsep belajar mandiri, sehingga guru yang belajar di Universitas Terbuka tidak harus meninggalkan pekerjaannya sebagai guru dalam proses pembelajaran.