PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN EKONOMI MELALUI PENDEKATAN SCIENTIFIC DENGAN MENGOPTIMALKAN KEGIATAN PEMBELAJARAN BERBASIS LINGKUNGAN

Abstract

Setiap aplikasi kurikulum mempunyai aplikasi pendekatan pembelajaran berbeda-beda, seperti pada kurikulum 2013.  Scientific approach (pendekatan ilmiah) adalah pendekatan pembelajaran yang diterapkan pada aplikasi pembelajaran kurikulum 2013. Pendekatan ini berbeda dari pendekatan pembelajaran kurikulum sebelumnya. Pada setiap langkah inti proses pembelajaran, guru akan melakukan langkah-langkah pembelajaran sesuai dengan pendekatan ilmiah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kualitas pembelajaran dari metode klasikal ke metode scientific dengan mengoptimalkan pembelajaran berbasis lingkungan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) pada siswa kelas XI IPS-2 SMAN 1 Leces Probolinggo.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Hasil siklus I (pembelajaran metode  klasikal),  siswa kelas XI IPS-2 SMAN 1 Leces  belum mengalami ketuntasan dalam belajar sebanyak 16 siswa atau 54%, dan  46% siswa yang mengalami ketuntasan, dan (2) Hasil siklus II (pembelajaran metode scietific), siswa mengalami ketuntasan belajar 100% artinya tidak ada siswa yang memperoleh nilai kurang dari 75.