Efektivitas Publisitas dalam Meningkatkan Jumlah Masyarakat Sadar Pajak

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa pengaruh audience coverage (khalayak yang dicapai), audience response (tanggapan khalayak), communication impact (hasil komunikasi), dan process of influence (proses pengaruh) terhadap peningkatan jumlah masyarakat sadar pajak. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner. Adapun respondennya adalah wajib pajak orang pribadi di KPP Pratama Bangkalan yang berjumlah 100 orang, teknik pengambilan sampel accidental sampling. Analisis statistik yang digunakan adalah regresi linier berganda. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa faktor yang telah terbukti berpengaruh secara signifikan terhadap masyarakat sadar pajak adalah audience response (tanggapan khalayak) dan process of influence (proses pengaruh), sedangkan faktor audience coverage (khalayak yang dicapai) dan communication impact (hasil komunikasi) tidak terbukti berpengaruh secara signifikan terhadap masyarakat sadar pajak di KPP Pratama Bangkalan