TINJAUAN PENERAPAN KONSEP GREEN MARKETING DALAM PELESTARIAN LINGKUNGAN

Abstract

Konsep green marketing mix adalah sama dengan bauran pemasaran  konvensional yaitu merujuk pada kepuasan kebutuhan, keinginan, dan hasrat  pelanggan dalam hubungan dengan pemeliharaan dan pelestarian dari  lingkungan hidup. Ketertarikan para konsumen akan kepedulian lingkungan membuat peluang  bagi perusahaan agar menerapakan green marketing serta untuk meningkatkan  penjualan. Green marketing kemudian menjadi sebuah alternatif strategi yang  tidak hanya membantu image perusahaan, tetapi juga memberi nilai tambah  terhadap bisnis perusahaan, bahkan konsumen menuntut pilihan hijau dan bersedia membayar harga lebih mahal. Strategi pemasaran mencakup faktor eksternal dan internal perusahaan, sedangkan strategi bauran pemasaran merupakan ide dasar dan fungsi generik dari pemasaran yang terdiri atas elemen produk, harga, tempat, dan promosi untuk membentuk terjadinya penjualan. Mengembangkan konsep green marketing mix (bauran pemasaran hijau), tak terlepas dari konsep tradisional 4P (product, price, place, promotion) kecuali dengan sejumlah penambahan komponen yang sangat berhubungan dengan maksud dari green marketing itu sendiri dan hal- hal yang sangat berpengaruh lainnya. Implementasi strategi pemasaran hijau membutuhkan pendekatan fundamental, komprehensif dan terintegrasi dalam semua aspek fungsional pemasaran, termasuk bauran pemasaran secara keseluruhan, seperti desain produk, harga, lokasi dan promosi.