PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ACCELERATED INSTRUCTION (TAI) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI POLA BILANGAN

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Team Accelerated Instruction (TAI) terhadap kemampuan pemecahan masalah dalam pembelajaran matematika, dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Team Accelerated Instruction (TAI) terhadap kemampuan pemecahan masalah dalam pembelajaran matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif quasi eksperimental dengan desain pretest – posttest control group design. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan secara purposive sampling yaitu kelas VIII A (kelas eksperimen) dan VIII B (kelas kontrol). Teknik pengumpulan data menggunakan soal dan dokumentasi. Pengujian hipotesis dilakukan uji regresi linear sederhana, dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Team Accelerated Instruction (TAI) berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika materi pola bilangan. Hal tersebut dapat dilihat dari rata-rata posttest kelas eksperimen 69,10 dan rata-rata kelas kontrol 53,21. Dari pengujian regresi linear sederhana nilai (Sig.) sebesar 0,000 lebih kecil dari probabilitas 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 diterima sehingga terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Team Accelerated Instruction (TAI) terhadap kemampuan pemecahan masalah dalam pembelajaran matematika. Kemudian didapat nilai koefisien determinasi R Square adalah 0,415, jadi besarnya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Team Accelerated Instruction (TAI) terhadap kemampuan pemecahan masalah sebesar 41,5%.